Emma Warokka Lapor Polisi Karena Akun Instagramnya Dibajak Dan Digunakan Untuk Penipuan

Jakarta - Akun Instagram Emma Warokka diretas sejak beberapa waktu lalu. Setelah menyadari hal tersebut, Emma langsung memasukkan laporan ke pihak kepolisian. Sebab, Emma menduga akunnya kini digunakan untuk melakukan penipuan yang mengatasnamakan dirinya.

Awalnya, Emma mendapatkan pesan berupa tautan. Pelaku diduga berpura-pura menjadi teman Emma dan memintanya membuka tautan tersebut.

"DM-nya itu istilahnya kayak teman aku, 'Em ma buka deh web link ini, kayaknya dipakai nih foto-foto lo'. Seolah-olah kayak ada yang ngerjain IG gue,"kata Emma Warokka di kawasan Gatot Subroto, belum lama ini.

Saat itu Emma memang tidak bisa membuka tautan tersebut. Pelaku itu kemudian seolah berusaha mencari celah untuk bisa mengakses Instagram Emma. "Sampai sempat ngomong 'apa gue bantu pakai punya gue aja, ya?' Kayak acquiring time gitu, loh, ada kesempatan buat dia nge-hack. Eh, benar aja, loh, cuma lima menit langsung gue keluar dari IG. Gue bilang 'kok keluar',"ujar Emma.

Menyadari akun Instagramnya diretas, Emma langsung berusaha menyelamatkan aset digital lainnya. Alamat email, akun Facebook, hingga akun TikTok berhasil dia selamatkan. Sementara, akun IG tak lagi selamat dan itu yang membuatnya lapor polisi.

"Kita langsung telepon semua orang yang kira-kira bisa kita tanya, sampai akhirnya disarankan lapor polisi karena aku masih lihat (aksi pelaku) di hp,"tuturnya.

"Dia mau hubungin semuanya, orang-orang yang ada di instagram untuk macam-macam. Masuk semua notifikasinya, aku langsung inisiatif sama suami aku ke kantor polisi buat melapor,"tambah Emma.
Laporan tersebut masuk pada 1 Oktober lalu.

Dia mendaftarkan laporan tersebut di Polres Jakarta Selatan sebab kata Emma, pelaku sudah melakukan aksinya, mulai dari berjualan hingga meminjam uang. "Dari IG aku, off course aku ruginya adalah nama baik, karena orang mikirnya aku jualan aneh-aneh, pinjam duit juga, IG ini, kan, juga IG bisnis aku, jadi partner bisnis aku tertunda semua, pasti kerugian banget buat aku,"tutur Emma.

Sejumlah pekerjaan Emma juga tertunda lantaran hal tersebut. Laporan itu juga dibuat untuk menginformasikan agar publik tahu bahwa akun instagram miliknya tidak dalam kendalinya.

"Aku enggak apa-apa repot, yang penting sebagai warga negara yang baik, gue lapor dulu. Kedua LP itu gunanya orang tahu bahwa gue bukan pelakunya, ini orang lain loh bukan saya yang lakuin,"ungkap Emma.

Lebih lanjut, Emma berharap kasus tersebut bisa segera diproses oleh pihak kepolisian. Melihat cara kerja pelaku yang terbilang cukup profesional, dia menduga ada sindikat di balik kasus tersebut.
"Biar orang tahu kalau ada kerugian lapor ke polisi, terus biar tahu juga cara mereka lakukan penipuan, jadi kalau ada DM langsung kirim (dan pastikan lewat) WA,"pungkasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Tantri di Balik Keingingannya Hengkang Dari Kotak, Berikut Ini Sosok Yang Membuat Niatnya Batal

Negara Mesir Percaya Bahwa Wisata Alam Bebas Akan Menarik Wisatawan Kembali

Para Ahli Arkeolog Menemukan 6 Lubang Berisi Harta Karun Ratusan Artefak Kuno